Senin, 06 Agustus 2012

Curiosity Telah Mendarat Di Mars

Hari ini, 6 Agustus 2012 pukul 12.31 WIB, mata dunia akan tertuju ke Mars. Sebab, rover atau kendaraan robotik bernama Curiosity milik Badan Antariksa Ameriksa Serikat (NASA) telah mendarat di planet yang namanya diambil dari dewa perang bangsa Romawi Kuno tersebut.

Planet Mars
Mars
Curiosity mendarat di Mars untuk mencari bukti adanya kehidupan di Mars. Salah satunya, Curiosity akan mencari adanya kehidupan microbial di Mars.
Karena itu misi ini dipersiapkan dengan sangat baik, untuk melakukan eksplorasi baru ke wilayah yang belum pernah dilewati rover penjelajah Mars sebelumnya.

Pendaratan Curiosity pun telah disiarkan secara langsung (live) oleh sejumlah televisi di Amerika Serikat. Para pencinta astronomi menganggap momen ini sama menegangkannya dengan pendaratan pertama di bulan yang dilakukan Apollo 11.
NASA pun sudah bersiap-siap, dan sudah menyediakan saluran live-streaming di situsnya, dtautan ini.
Selain itu, ada sejumlah museum lokal dan pusat sains yang menyelenggarakan acara 'nonton bareng' pendaratan Curiosity. NASA memiliki daftar lokasi, yang bisa dilihat di tautan ini.

Selain itu, Microsoft pun telah menyiapkan streaming khusus di dashboard situs Xbox 360. Ini merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan Microsoft dengan NASA. Kanal live-streaming bisa Anda lihat di tautan ini. 

Sukses Mendarat di Mars, Curiosity Kirim Foto

Kendaraan NASA itu berhasil melewati tujuh menit yang menegangkan. Kendaraan robotik atau rover seukuran mobil milik Badan Antariksa Amerika Serikat yang dinamakan Curiosity berhasil mendarat di permukaan Mars. Dengan demikian, Curiosity siap menjalankan misinya untuk mencari kehidupan di planet merah ini.

Ilustrasi pendaratan Curiosity di Mars
Ilustrasi Pendaratan
Seperti film fiksi ilmiah, Curiosity mendarat setelah melakukan sejumlah manufer menembus atmosfer Mars. Setelah mengalami proses yang menegangkan, mengutip lamanSpace.com, roda rover ini menyentuh permukaan Mars sekitar pukul 01.31 waktu AS atau (05.17 GMT/ 12.17 WIB).

Setidaknya butuh waktu sekitar 14 menit untuk mengirim sinyal suksesnya pendaratan Curiosity di Mars.

"Pendaratan terkonfirmasi. Tiba selamat di Mars," demikian konfirmasi pernyataan dari ruang pengendali misi.

Begitu konfirmasi diumumkan, sontak kegembiraan terasa di ruang pengendali misi yang berada di Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, AS.

Proses Pendaratan


Setelah mengalami guncangan ketika masuk atmosfer Mars dengan kecepatan 21.000 kilometer per jam, wahana ulang alik yang berisi Curiosity pun segera mengeluarkan parasut untuk melambatkan laju hingga 320 km per jam.

Wahana ini kemudian menembakkan roket untuk terus memperlambat lajunya hingga 3,2 km per jam. Di saat inilah ketegangan memuncak, yang dijuluki tujuh menit yang menegangkan.

Roket dengan crane angkasa kemudian menurunkan Curiosity ke permukaan Mars dengan menggunakan kabel. setelah itu, Curiosity pun dilepas dan mendarat. Keenam roda rover ini pun menyentuh permukaan Mars.

Tak lama kemudian, rover ini pun mengirimkan gambar pertama suasana di Mars setelah pendaratan. Dalam siaran streaming yang disiarkan televisi NASA, terdengar beberapa kali pernyataan bahwa rover ini mengirimkan foto, yang juga terlihat adanya bayangan.
NASA pun kemudian mengunggah foto itu ke akun Twitter Jet Propulsion Laboratory milik NASA, di @NASAJPL. Berikut fotonya:

Foto pertama yang dikirim Curiosity
foto pertama setelah pendaratan di Mars

Misi rover ini adalah menemukan bukti kehidupan di Mars


Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan segera mendaratkan rover atau kendaraan robotiknya di Mars. Rover bernama Curiosity ini merupakan bagian dari misi Mars Science Laboratory, untuk melakukan observasi apakah ada kehidupan di Planet Merah tersebut.


One of Curiosity's First Photographs on Mars
Foto permukaan Mars
Rover ini akan dilengkapi sejumlah peralatan canggih, termasuk laser yang mampu menghancurkan batu yang menghalangi jalannya. Setelah menginjakkan rodanya di Mars, Curiosity direncanakan melakukan uji coba perlengkapan, apakah masih bisa digunakan setelah melewati atmosfer Mars.

Selain itu, rover juga akan memberikan sejumlah gambar awal suasana permukaan Mars. Foto pertama dari Curiosity akan dikirim dari Hazard-Avoidance camera atau Hazcams yang terpasang di badan kendaraan. 

Huge Mars Robot Armed With Laser, Cameras, Curiosity (Infographic)

"Setting resolusi rendah gray scale dari Hazcam akan didapat dalam beberapa menit setelah mendarat di permukaan," kata Justin Maki, yang memimpin tim pengembangan kamera di Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, AS. 

"Setelah sistem penting diperiksa oleh tim insinyur dan layar terpasang, rover akan memberikan gambaran permukaan tempat mendarat dengan kamera beresolusi lebih tinggi," ujar Justin.   

Curiosity membawa 12 kamera teknis, yang meliputi 8 Hazcams dan 4 kamera navigasi. Di puncaknya juga terpasang layar. Kamera tersebut akan mengambil gambar dari 'mata' rover di sisi kiri dan kanan, yang kemudian akan diproyeksikan ke bentuk observasi tiga dimensi.

Para insinyur di Bumi dikatakan butuh beberapa hari untuk mengetahui apakah aman untuk meluncurkan Remote Sensing Mast (layar) dan kamera-kamera itu. Namun, gambar pertama dari rover baru akan bisa terkirim beberapa jam setelah mendarat.

NASA akan menggunakan orbiter Mars Odyssey untuk relay sinyal dari Curiosity ke Bumi. Dengan demikian, terhitung kemungkinan delay, akan butuh waktu sekitar dua jam setelah pendaratan untuk mendapatkan gambar pertama.

Dua gambar pertama akan berupa kopi dengan small thumbnail, beresolusi 64x64 p, dan belum resolusi penuh. Foto itu akan memberikan gambaran detail lokasi sekitar pendaratan, termasuk lokasi dan kemiringan permukaan.

"Memastikan rover ada di permukaan stabil sangat penting sebelum mengeluarkan layar," kata Manajer Misi, Jennifer Trosper. "Kami membutuhkan sistem pendaratan baru di misi ini, jadi kami melakukan dengan hati-hati," ucapnya.

Dengan demikian Mars Descent Imager (MARDI) milik Curiosity juga akan mengambil foto berwarna permukaan Mars. Foto ini sangat penting untuk melihat lokasi rover. Foto pertama MARDI sendiri diperkirakan akan rilis setelah mendarat pada 6 Agustus.

Foto lain permukaan Mars diharapkan tiba 7 Agustus, dari Mars Hans Lens Imager. Ini merupakan salah satu dari instrumen tangan robotik di rover. Kamera ini didesain untuk mengambil foto close-up dari batu dan tanah. 

Selain itu, salah satu insinyur yang mengembangkan layar Curiosity kemudian mengatakan, kamera navigasi (Navcam) itu akan mengambil 1 MP gambar stereo dari sekeliling rover, dalam 360 derajat. Kamera ini akan mampu memperlihatkan resolusi gambar benda seukuran bola golf dari jarak 25 meter.   

Sejumlah Navcam ini memang didesain untuk men-scan permukaan Mars dan mengumpulkan informasi tiga dimensi, juga bisa melihat apa yang di atas dan bawah. Ini akan membantu untuk menentukan, ke mana rover akan diarahkan. 


Video :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tanggapan codebreakers