Sabtu, 18 Agustus 2012

Ilmuwan kembali sukses kirim obyek menggunakan teleportasi



Pernah nonton film Star Trek? Apabila pernah, pasti ingat akan teknologi teleport atau pemindahan obyek dari pesawat luar angkasa Start Trek ke tempat lain. Nah, sekarang para peneliti sedang melakukan beragam penelitian untuk membuktikan kebenaran quantum teleportation tersebut.
klik!
Menurut Technologyreview.com, teleportation adalah kemampuan ekstraordinari yang berfungsi untuk memindahkan atau mengirimkan obyek dari saru tempat ke tempat lain tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Pada tahun 2010 silam, beberapa orang peneliti dari University of Science and Technology of China di Shanghai, Cina, berhasil membuat teleportation yang  pada uji cobanya pertama kali mereka telah memindahkan photon dari tempat mereka bekerja ke suatu tempat sejauh 97 kilometer.
klik!
Para peneliti tersebut menggunakan 1.3 Watt laser dan beberapa optik untuk pelontar sekaligus penerimanya. Dalam percobaan tersebut, para ilmuwan berhasil mengirimkan 1100 photon ke tempat yang jaraknya 97 kilometer hanya dalam waktu 4 jam saja.

Menurut MNN.com, walaupun sudah berhasil mengirimkan photon dengan jumlah yang banyak ke tempat jauh, namun para peneliti masih akan terus mengembangkan teknologi teleportation ini agar nantinya dapat dipergunakan untuk memindahkan obyek yang mempunyai masa besar, seperti contohnya manusia.

Apabila, teknologi teleportation ini berhasil, maka keberadaan kendaraan bermotor akan terpangkas jauh, karena dapat dipastikan banyak yang akan menggunakan teknologi ini untuk bepergian ke suatu tempat secara cepat tanpa harus terkena kemacetan atau permasalahan jalan raya lainnya.
up date: Kamis, 16 agustus 2012
Ilmuwan kembali sukses kirim obyek menggunakan teleportasi
QINGHAI, (PRLM).- Dua tim peneliti telah memperluas jangkauan teleportasi kuantum yang belum pernah terjadi sebelumnya.Terobosan ini bisa menjadi langkah penting untuk menciptakan komputer kuantum dan teknologi lainnyapada kecepatan jauh melebihi batas yang ada saat ini.
Sementara teleportasi pada manusia mungkin masih jauh, para peneliti percaya karya terbaru ini merupakan langkah besar ke masa depan. Tim ini mampu melakukan teleportasi satu qubit (unit standar data dalam komputasi kuantum) sejauh 97kilometer melintasi danau dengan menggunakan satu set foton tanpa kabel serat optik atau perantaralainnya.
Mereka menggunakan perangkat laser kompleks untuk percobaan ini. Seperti diterbitkan dalam jurnal Nature, seklelompok ilmuwan Cina menciptakan foton terjerat dengan merangsang kristal dengan sinar ultraviolet. Ini menghasilkan sepasang foton dengan panjang gelombang yang sama, tetapi nilai polarisasinya berlawanan.
Satu foton dikirim sejauh 97 km melintasi Danau Qinghai (menggunakan teleskop untuk memfokuskan sinar), sedangkan yang kedua dianalisis secara lokal.Ilmuwan semakin terpacu untuk mengembangkan teknologi teleportasi. Hal ini tercermin dari banyaknya upaya ilmuwan di berbagai negara untuk menguji dan mencoba teleportasi. Kali ini adalah sekelompok ilmuwan dari Kanada dan Eropa berhasil memindahkan "informasi" ke tempat berjarak 145 Km menggunakan teleportasi quantum.
Upaya ini menambah keberhasilan penelitian tentang teleportasi quantum di dunia. Bulan Mei lalu,sekelompok ilmuwan China sukses melakukan teleportasi terhadap photon. Mereka berhasil memindahkan 1.100 photon menuju tempat berjarak 97 Km.
Teleportasi quantum merupakan salah satu teknologi masa depan yang terus dikembangkan. Para ahli percaya teknologi teleportasi akan menjadi hal yang penting di masa depan. Berbagai keperluan umat manusia dapat menggunakan teleportasi. Salah satu rencana penggunaan teleportasi adalah dalam bentuk komunikasi. Dengan penggunaan teleportasi, informasi akan dikirimkan dengan cepat dan aman.
Untuk pengembangan lebih jauh, teknologi teleportasi diharapkan dapat mengirimkan matter atau benda. Jika benda dapat dikirim maka berbagai kendala transportasi yang dialami saat ini dapat berkurang. Bahkan bukan mustahil teknologi ini mampu mengirimkan manusia seperti dalam film Star Trek. (Merdeka.com)
nb:
klik!

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tanggapan codebreakers