Minggu, 08 Juli 2012

Teori Terbentuknya Planet Dipertanyakan


Athena – Hasil studi terbaru dari para peneliti Amerika Serikat (AS) diklaim meragukan asumsi yang ada saat ini mengenai pembentukan planet.
Planet 54

Hasil studi itu menyatakan, pembentukan planet yang ada lebih cepat dari dugaan awal. Selain itu, bintang bisa memiliki planet dengan jumlah lebih banyak dari yang diyakini para ilmuwan. Demikian seperti dikutip upi.com.
Hasil studi dari universitas di AS dan Australian National University ini menemukan hal tak terduga, yakni awan debu yang mengitari bintang muda telah menghilang.
“Skala waktu yang biasa diterima untuk hilangnya debu ini adalah ratusan ribu tahun, bahkan jutaan,” kata penulis studi Inseok Song dari University of Georgia.
Namun kami melihat hal ini bergerak lebih cepat dan ini belum pernah diteliti atau diramalkan, lanjutnya.
“Ini mengisyaratkan masih banyak hal yang harus dipelajari mengenai pembentukan planet,” katanya.
Pada kasus bintang di gugus Scorpio-Centaurus yang diteliti pada 1983, awan debu diketahui menghilang dengan skala waktu yang cepat, yakni pada 2010
“Proses ini seharusnya memakan waktu ratusan ribu tahun. Jika apa yang kami teliti terkait pertumbuhan, maka temuan kami menunjukkan pembentukan planet sangat cepat dan efisien. Dampaknya, pembentukan planet bisa terjadi secara instan,” tutup Song.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tanggapan codebreakers