Rabu, 23 November 2011

Lubang Cacing

Pertama tama kita harus tahu tentang sejarah bintang, memang lubang cacing sangat berkaitan dengan sejarah bintang. Ketika sebuah bintang lahir maka pasti dia akan mati walau berbeda masa hidup nya antara satu bintang dengan bintang yang lain nya

Cara mati nya bermacam-macam tergantung besar massa bintang tersebut.
Ada 2 cara untuk sebuah bintang mengakhiri hidup nya, yaitu:
-Supernova
-Giant red

Supernova terjadi ketika sebuah bintang super raksasa ( yg gedeee amattt ) kehabisan bahan bakar nya yaitu hidrogen, lalu karena bahan bakar nya maka inti nya jadi amattt puanaaaass karena proses nuklir fusi sudah macet. Akibat nya maka dia meledakan diri nya dalam sebuah ledakan terbesar di alam semesta, bahkan ledakan ini dapat membuat bintang yang redup menjadi terang untuk beberapa saat, contoh nya: Supernova 1994D

  
sebuah bintang neutron yang berputar menghasilkan psaran magnetis di sekeliling nya


sebuah lubang hitam yang sedang menghisap materi bintang untuk Giant red akan di bahas lain kali,,
sekarang pertanyaan nya adalah lubang cacing dari mana? terus itu apa?

Lubang cacing adalah sebuah terowongan yang terbentuk dari lubang hitam yang dapat di lalui oleh pesawat luar angkasa sebagai jalan pintas melalui ruang dan waktu. Lubang cacing berasal dari lubang hitam yang sudah lama terbentuk sehingga stabil dan memungkinkan 2 dimensi ruang & waktu berhubungan.

Lubang hitam dapat terbentuk jika gravitasi dari sebuah bintang mengalahkan massa nya yang biasa nya terjadi pada bintang ukuran massif seperti betelguese di konstelasi orion, beruntung matahari kita tidak termasuk tipe ini.

Setelah lubang cacing terbentuk maka akan terbagi menjadi 3 tipe:
  1. tipe ruang, tipe ini bersifat berpindah ruang, maksud nya jika kita masuk ke dalam nya maka kita hanya akan berpindah tempat sehingga bisa di jadikan jalan pintas (shortcut) untuk mengarungi ruang angkasa yang luas
  2. tipe waktu, tipe ini bersifat berpindah waktu, maksud nya jika kita masuk ke dalam nya maka kita akan berpindah masa (waktu) sehingga bisa di sebut mesin waktu, konsep ini di buktikan dengan ada nya gelombang radio dari masa perang dunia 2 yang di temukan di sekitar lubang cacing yang sedang di teliti.
  3. tipe ruang & waktu, tipe ini merupakan perpaduan kedua nya, sehingga kita dapat berpindah ruang & waktu saat memasuki lubang cacing tersebut.
Hingga sekarang masih belum diketahui apakah lubang cacing terbentuk secara alami. Jika lubang cacing benar ada, untuk membuat lubang cacing tetap terbuka, sejenis materi akan dibutuhkan. Jika tidak, lubang cacing akan hilang dengan sangat cepat setelah terbentuk. Jika digambarkan melalui bidang datar, seperti kertas yang dilipat, lubang cacing membengkokan bidang tersebut, sehingga kedua ujung akan saling bertemu (seperti pada gambar di atas). Istilah lubang cacing pertama kali digunakan oleh John Archibald Wheeler tahun 1957. Namun, pada tahun 1921, matematikawan Jerman Hermann Weyl telah mengusulkan teori lubang cacing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tanggapan codebreakers