Jumat, 15 Maret 2013

"Ngopi" Cara Lebah Mengingat Sifat Bunga

Newcastle-- Lebah madu mendapatkan kafein dari bunga tertentu yang menstimulasi memori ingatan mereka terhadap sifat bunga. Kafein ini mendorong lebah untuk kembali ke jenis tanaman yang sama sehingga dapat meningkatkan peluangnya untuk penyerbukan.

Cara Lebah Mengingat Sifat Bunga
Ilustrasi lebah. Sxc.hu
Salah satu bunga yang memberikan banyak kafein pada lebah adalah tanaman kopi. Menurut para peneliti di Universitas Newcastle, nektar menawarkan kafein sebanyak secangkir kopi instan. Selain itu, bunga jeruk juga mengandung kafein meskipun dalam konsentrasi yang lebih rendah.

Kafein membantu lebah selalu ingat bahwa aroma bunga itu menjanjikan hasil lezat. Sehingga lebah akan terus mencari bunga-bunga itu dan mentransfer serbuk sari mereka.

"Bagi lebah, sifat bunga sangat sulit diingat karena mereka terbang dari bunga ke bunga dengan begitu cepat," kata Dr Geraldine Wright, pemimpin penelitian. Mereka telah menemukan bahwa kafein membantu lebah untuk mengingat dimana bunga-bunga itu.

Pada gilirannya, lebah yang telah mencium nektar berkafein memungkinkan mereka untuk mencari nektar lebih banyak lagi. Ini menyebabkan penyerbukan menjadi lebih baik. "Kafein adalah bahan kimia sebagai pertahanan tanaman yang memberi rasa pahit untuk serangga, termasuk lebah. Kami terkejut kafein ditemukan dalam nektar," ujar Profesor Phil Stevenson, dari Royal Botanic Gardens di Kew. Namun, kafein ini dosis rasanya terlalu rendah untuk lebah tetapi cukup tinggi mempengaruhi perilaku lebah.

Para peneliti ini melatih individu lebah untuk meminum minunan manis ketika mencium aroma bunga tertentu. Beberapa lebah mendapat kafein dalam minuman mereka sementara yang lainnya tidak. 

Setelah 24 jam, lebah yang telah diberi kafein menjadi tiga kali lebih mungkin untuk mengingat aroma bunga dibandingkan lebah yang tidak meminum kafein. Lebah tidak bisa merasakan kafein pada tingkat yang ditemukan pada nektar. Namun para peneliti zat ini mempengaruhi sel-sel otak tertentu yang terlibat dalam memori. 

DAILY MAIL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tanggapan codebreakers