Jumat, 15 Maret 2013

Mikroba Pernah Mendiami Mars


California - Planet Mars kemungkinan besar pernah dihuni makhluk hidup berjuta tahun silam. Analisis sampel bubuk sebuah batuan sedimen Mars yang dibor oleh robot penjelajah Curiosity mendeteksi jejak bahan kimia dan senyawa yang diperlukan untuk kehidupan pada masa lalu planet merah itu.
Mikroba Pernah Mendiami Mars
Permukaan planet Mars. Nationalgeographic.com
"Fakta penting yang ditemukan adalah bahwa lingkungan mikroba mungkin pernah hidup di sini," kata John Grotzinger, ilmuwan di Mars Science Laboratory, saat konferensi pers di markas NASA. Ia menambahkan bahwa lingkungan hunian yang mendukung kehidupan yang sangat mungkin. "Jika ditemukan air di sana, Anda akan bisa meminumnya," katanya.

Apakah kehidupan pernah berkembang di Mars menjadi pertanyaan terbuka selama bertahun-tahun. Robot penjelajah Mars, Curiosity, dalam misinya menemukan sebuah wilayah di mana air mengalir dan kemungkinan menggenang, yang dianggap ilmuwan merupakan tanda vital adanya kehidupan.
Ditanya apakah Mars mungkin dihuni pada saat yang sama dengan kehidupan berkembang di Bumi, Grotzinger mengatakan, "yang kita bicarakan adalah masa yang lebih tua lagi, sekitar 3 miliar tahun yang lalu, sedang kehidupan di Bumi dimulai beberapa ratus juta tahun lalu."  Curiosity membor batuan di Kawah Gale di dekat lokasi pendaratan. Batu yang berasal dari endapan lumpur ini kemudian ke instrumen analitis robot itu untuk menganalisis kandungan kimiawinya secara rinci.
Berdasarkan analisis Chemistry and Mineralogy experiment (CheMin) dan Surface Analysis at Mars (SAM) oleh Curiosity, peneliti menyatakan kandungan sulfur, nitrogen, hidrogen, oksigen, fosfor, dan karbon - unsur kimia yang biasa ditemukan dalam lingkungan yang dihuni ketika material diendapkan - ada dalam batuan itu.

"Kami telah mampu membawa ini ke tingkat berikutnya dari pemahaman apakah Mars pernah dihuni," kata Michael Meyer, pimpinan unit Mars NASA. Grotzinger mengatakan tim rover  harus menunggu sampai Mei untuk mengambil nalisa sampel yang lain. Posisi Bumi dan Mars dalam orbitnya mengelilingi matahari akan membuat komunikasi yang sulit selama April.

CBS | TRIP B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tanggapan codebreakers