Rabu, 11 Januari 2012

Lebah Juga Punya Tentara

Sao Paulo, Kepalanya kecil, tapi berkaki besar. Bukan hanya kakinya yang besar, tapi tubuhnya juga lebih besar dan lebih berat. Itulah ciri lebah tentara, yang baru ditemukan oleh peneliti dari sebuah koloni lebah penyengat Brasil.


Soldier Bee

Lebah tentara ini adalah sekelompok lebah yang bertugas melindungi koloni mereka dari serangan musuh. Lebah Jatai adalah spesies lebah pertama yang memiliki kelas tentara. Lebah tentara, yang diidentifikasi dari koloni lebah Brasil ini, berukuran lebih besar dan lebih berat ketimbang lebah pekerja. Mereka selalu berada di dalam sarang dan menjaga pintu masuk. Sebuah tim peneliti dari Sussex University dan University of Sao Paulo mempelajari lebah Jatai (Tetragonisca angustula) yang hidup dalam koloni berisi 10 ribu individu. Koloni ini tinggal dalam rongga dinding, batang pohon, atau di dalam tanah. Penelitian ini mengungkap penemuan bahwa lebah tentara Jatai bertubuh 30 persen lebih berat daripada teman-teman penjelajah mereka. Lebah tentara juga memiliki kaki lebih besar, tapi kepalanya lebih kecil.

Stingless bees

Lebah tentara berjaga pada liang yang mengarah ke pintu masuk sarang untuk memberi peringatan dini jika ada serangan dari lebah perampok. Ini menunjukkan bahwa lebah tentara Jatai tidak seperti lebah penjaga di koloni lebah madu, yang khusus bertugas melindungi ratu mereka. Francis Ratnieks, profesor pemeliharaan lebah di Sussex, mengatakan penemuan ini penting untuk mengetahui evolusi dalam masyarakat serangga maju. “Tentara pekerja bertubuh besar telah lama dikenal di kelompok semut dan rayap, tapi ini adalah bukti pertama tentang lebah tentara,“ kata dia. “Kelas pekerja biasanya secara fisik dirancang untuk aktif mempertahankan sarang mereka.“


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tanggapan codebreakers